post punk

post punk



Post-punk adalah akar dari musik rock pada akhir tahun 1970, punk rock awal pertengahan 1970-an. Salah satu genre yang mempertahankan akarnya dalam gerakan punk tetapi lebih introvert, kompleks dan eksperimental. Post-punk meletakkan dasar bagi rock alternatif dengan memperluas arah punk dan musik underground, menggabungkan elemen-elemen dari Krautrock (terutama penggunaan synthesizer dan pengulangan ekstensif),

Menemukan tempatnya di scene indie pada tahun 1980, dan menyebabkan berkembangnya genre seperti gothic rock, musik industri, dan rock alternatif.

Contoh klasik dari band post-punk, The Sisters of Mercy, Siouxsie and the Banshees, Magazine, The Fall, Joy Division, Subway Sect, Neu Electrikk, Gang of Four, New Order, The Teardrop Explodes, The Sound, U2, The Psychedelic Furs, The Cure, The Jesus and Mary Chain, etc.

Pergantian abad ke-21 melihat kebangkitan pasca-punk rock alternatif di Inggris dan Amerika, yang segera mulai muncul band-band baru di belahan negara lain. Tanda awal dari kebangkitan kembali adalah munculnya berbagai band underground pada pertengahan 90-an. Namun, band yang sukses awal secara komersial adalah, Interpol, Editor, Franz Ferdinand, dan The Strokes, muncul pada era tahun 1990an di awal 2000-an. Punk pasca-modern jauh lebih sukses secara komersial daripada di tahun 1970-an dan 1980-an.


Komentar